Resensi Novel: SeoulMate

Published 22 Mei 2012 by Eka Pratiwi

Judul               : SeoulMate

Pengarang       : Lia Indra Andriana

Tebal buku      : 300 Halaman

Penerbit           : Penerbit Haru

Tahun Terbit    : 2011

SeoulMate. Saya tertarik pada novel ini ketika mengetahui bahwa sang penulis ialah Lia Indra Andriana, seorang penulis novel yang terbilang produktif. Saya yang berkecimpung di bidang kesastraan memang senang membaca karya sastra, terutama prosa fiksi. Selain itu, mengingat bahwa saya adalah K-Poppers, senang rasanya bisa melakukan sesuatu yang di dalamnya sudah terdapat dua hal yang memang digemari yaitu membaca novel yang berbau unsur Korea. Lia Indra Andriana adalah salah satu penulis yang cukup memanjakan hasrat saya dalam membaca novel dengan unsur-unsur Koreanya dengan judul-judul novel sebelumnya Seoul Cinderella dan Marrying Aids. Didukung oleh tampilan sampul (cover) yang cukup unik yang langsung menggelitik rasa ingin tahuku tentang isi buku tersebut.

Novel SeoulMate bergendre fantasi, humor dan romantis ditangan Lia Indra Andriana dibuat unik dengan ide cerita yang tidak biasa. Ceritanya bermula dari seorang wanita bernama Kim Sun yang berprofesi sebagai pemandu wisata. Wanita ini sedikit berbeda dari kebanyakan orang. Dia mampu berkomunikasi dengan hantu. Untuk menampung bakat Sun yang tidak biasa itu, Siwon memintanya untuk bergabung di sebuah organisasi penyalur hantu bernama SeoulMate. Sun pun bersedia. Keikutsertaan Sun dalam SeoulMate bukan semata-mata hanya karena menerima tawaran Siwon, melainkan dia juga berharap bertemu dengan seorang pria yang bernama Dong yang kabarnya juga bergabung dengan SeoulMate.

Setelah bergabung dalam organisasi SeoulMate dan resmi dinyatakan sebagai Mate, Sun menerima beberapa proposal permintaan bantuan dari manusia. Tugas Sun selanjutnya adalah mengarahkan dan menjaga Seoul-sebutan bagi hantu di dalam SeoulMate- untuk mengemban tugasnya membantu manusia. Sun diminta untuk membimbing salah satu Seoul yang sialnya, Seoul ini punya penyakit amnesia sehingga ia tidak bisa mengingat apapun tentang kehidupan manusianya. Seoul itu kemudian diberi nama Jang oleh Sun.

Bukannya saling bekerja sama, Sun dan Jang malah sering terlibat pertengkaran. Belum lagi muncul seoul bernama Arang yang berumur ratusan tahun yang memakai Hanbok khas Korea dan selalu mendekati Jang. Seiring berjalannya waktu, tanpa disangka diantara Sun dan Jang tumbuh benih-benih cinta. Bagaimanakah mereka menjalani hubungan mereka yang tidak wajar itu? Di saat yang sama, fakta tentang Jang pun mulai terkuak. Siapakah sebenarnya Jang? Dan lagi, Sun kembali dipertemukan dengan Dong. Lalu, bagaimanakah lanjutan kisah Sun, sang Mate dan Seoul-nya, Jang?

Cerita unik dan menarik yang dikembangkan dengan latar tempat yang dalam penggambaran sang penulis, seakan membawa pembaca seolah-seolah sedang berada di Korea apalagi di bagian akhir, disuguhkan pula beberapa foto latar tempat yang ada dalam novel.

Ada sedikit yang menarik perhatianku tentang tokoh yang bernama Siwon. Entah apa alasan sang penulis menggunakan nama yang sangat tidak asing di telinga K-poppers, terutama para Elf sepertiku. Setiap kali membaca tentang Siwon, yang terbayang di kepalaku tidak lain adalah Siwon Super Junior.

Bagi yang suka membaca novel? Atau seorang K-Poppers? Atau tertarik dengan all about negeri gingseng? Saya rekomendasikan novel ini untuk dibaca, karena akan ada sesuatu yang berbeda dan unik yang akan anda dapatkan dari novel ini.

The Next, SeoulMate Is You. Cant’t wait !!

Ghamsahamnida^^

Ppyong!!

_@ekhaimnida_

2 comments on “Resensi Novel: SeoulMate

  • annyeong eon ^^
    lee soo hoon imnida istrinya donghae selingkuhannya jeongmin masih inget kan
    eon agamany jeongmin ap y ? ak udah nanya ke mbah googl tp mbah google ga tau

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: